Beranda > Tak Berkategori > Beasiswa S2 dan S3 Rp 300 Miliar

Beasiswa S2 dan S3 Rp 300 Miliar

Di tahun 2012 mendatang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan membuka dan memberikan beasiswa secara seluruh masyarakat Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, hal ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan populasi masyarakat lulusan S2 dan S3 di Indonesia.

“Selama ini, sudah banyak sekali populasi lulusan S1 dan bahkan banyak yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang S2 dan S3. Maka dari itu, beasiswa ini kami buka untuk semua, tidak harus dosen,” terang Nuh.

Mantan Rektor ITS ini menyebutkan, rencana pemerintah ini akan didukung dengan anggaran yang diperkirakan sebesar Rp 300 miliar. Menurutnya, dana tersebut diperoleh dari bunga dana abadi yang sebesar Rp 5 triliun.

“Jadi kan begini, kita kan sudah punya dana abadi Rp 5 triliun. Dari dana itu, ada sekitar 300 miliar bunganya. Enaknya dipakai apa? Ya sudah, saya berembug dengan Dirjen Pendidikan Dikti (Dikti), akhirnya kita berencana untuk beasiswa S2 dan S3 itu. Karena kami pikir, beasiswa yang dampaknya lebih terasa bagi pertumbuhan SDM di Indonesia adalah beasiswa S2 dan S3,” jelasnya.

Nuh mengatakan, program beasiswa S2 dan S3 ini selain mendongkrak populasi mahasiswa lulusan S2 dan S3, juga sekaligus kita menghidupi program pasca sarjana di perguruan tinggi. “Pokoknya kita bebaskan biaya. Kuotanya nanti tinggal kita hitung saja. Anak-anak kalau melanjutkan S2 – S3 itu kan memang harus kita garap,” imbuhnya.

Di dalam program ini, lanjut Nuh, memang tidak dibuka untuk semua bidang. Akan tetapi, diarahkan pada jurusan yang mendukung Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengkajian Ekonomi Indonesia (LP3EI). “Jurusan tersebut antara lain, bidang science, engineering dan pertanian. Kita dorong orang-orang yang S2 dan S3. Kalau nanti mereka mau jadi dosen ya silahkan. Kalau tidak ya silahkan. Besarannya berarti tiap tahun bisa bertambah dan kuotanya juga . Ini kan mengikuti besaran bunga dari dana abadi itu,” tukasnya.

Sumber: http://www.jpnn.com/read/2011/12/27/112420/Kemdikbud-Anggarkan-Beasiswa-S2-dan-S3-Rp-300-Miliar-

Kategori:Tak Berkategori
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: